Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Meningkatkan Kepercayaan Diri Dalam Segala Kondisi

Tetap percaya diri dalam segala kondisi, tidak semua orang bisa menghadapi situasi dengan penuh percaya diri. Terkadang malah seseorang begitu tidak percaya diri sampai-sampai mereka berjalan dengan menunduk, atau berbicara tanpa melihat wajah lawan bicaranya.

Kepercayaan diri adalah hal penting dan dibutuhkan dalam kehidupan setiap orang. Tetapi banyak orang merasa kurang percaya diri terhadap apa yang mereka miliki. Padahal, percaya diri itu bukan bakat yang ada sejak lahir. Anda juga bisa kok menjadi lebih percaya diri dengan latihan.

Bukan perkara yang mudah untuk menumbuhkan kepercayaan diri, apalagi jika Anda pada dasarnya tidak memiliki keterampilan itu. Namun, kepercayaan diri sebenarnya bisa Anda bangun, mudah aja kok.. berikut tips-tipsnya ;


1.      Beri dorongan pada diri sendiri

Lakukan hal-hal yang bisa mendorong kepercayaan diri Anda, mungkin dengan mendengarkan musik favorit, atau menggunakan pakaian yang membuat Anda merasa nyaman dan akan terlihat menawan. Melakukan hal-hal ini dapat mengalirkan energi yang lebih positif sehingga Anda mendapatkan kembali kepercayaan diri Anda.

2. Buang jauh-jauh pikiran negatif

Jika anada terus memenuhi pikiran dengan pikiran negatif, Anda tidak akan pernah mendapatkan ketenangan, apalagi kepercayaan diri, tidak akan anda dapatkan. Makanya latihlah pikiran Anda untuk lebih memikirkan hal-hal yang positif, misalnya dengan memikirkan hal-hal terbaik dari dalam diri Anda, yakinlah Anda terlahir dengan sejuta kelebihan.

3.      Libatkan orang lain

Sadarilah bahwa Anda adalah makhluk sosial, Anda membutuhkan orang lain utuk mendukung dan membantu Anda dalam meningkatkan kepercayaan diri. Pilih teman, keluarga atau orang-orang yang bisa Anda andalkan dan selalu ada untuk memberitahu Anda bahwa Anda bisa, bahkan ketika Anda sedang dilanda masalah.

4. Anggap kepercayaan diri adalah kendaraan Anda

Pikirkan jika kepercayaan diri Anda ibarat sepeda motor yang menggerakkan Anda. Jika itu rusak, Anda tentu saja tidak bisa mencapai tujuan. Tapi jika mesin motor Anda kokoh, maka Anda dapat melaju ke depan untuk meraih kesuksesan.

5. Perhatikan bahasa tubuh Anda

Memahami bahasa tubuh sangatlah penting dalam meningkatkan kepercayaan diri. Gunakan bahasa tubuh Anda untuk meyakinkan orang lain dan Anda akan lebih mudah melewati semua tantangan di depan Anda karena bahasa tubuh mengirimkan pesan yang kuat.

6. Cari hal yang membuat Anda tertawa

Tertawa akan menghasilkan endorfin, hormon yang membuat Anda merasa lebih baik dan membuat semua ketegangan menghilang. Jika Anda ingin merasa lebih percaya diri, Anda bisa menonton video lucu atau cari hal-hal yang bisa membuat Anda tertawa.

7. . Jangan Membenci Media, Jadilah Media!

Penyebab utama kurang percaya diri bisa jadi karena Anda selalu membandingkan diri dengan oran lain. Sialnya Anda justru membandingkan diri dengan orang-orang yang ada di media yang dianggap sukses.

8. Mengajari orang lain

Memberi contoh kepada orang lain terutama orang-orang yang Anda cintai akan membuat Anda menjadi lebih percaya diri. Ya, Anda bisa memuji dan memberikan dorongan kepada orang-orang di sekitar, dan sebagai hasilnya, Anda akan melihat kepercayaan diri Anda melambung tinggi. Sekarang saatnya Anda mengubah perspektif tersebut. Jangan sekedar menonton atau membenci media. Jadilah media itu sendiri dengan berani mengekspresikan diri sendiri apa adanya. Yakinlah bahwa setiap orang itu unik dan keunikanlah yang membuat setiap orang menarik.

9. Berempatilah, hormati orang lain

Agar orang lain mendengarkan Anda, maka belajarlah untuk mendengarkan, Jika ingin orang menghormati Anda, maka hormatilah orang lain. Saat ini banyak orang lebih memperhatikan smartphone-nya daripada orang laing. Hal ini membuat empati Anda pada orang lain menjadi kecil. Belajarlah untuk berempati pada orang laing. Tatap wajah lawan bicara saat mengobrol, dan dengarkan ia berbicara.

10. Manfaatkan kesempatan yang datang

Waktu paling penting dalam keseharian adalah satu jam pertama setelah Anda bangun. Waktu inilah yang dinamakan Golden Hour / Kesempatan Emas. Segala pikiran dan mood satu jam itu akan mempengaruhi perjalanan Anda selama satu hari penuh. Maka manfaatkanlah golden hour itu dengan baik. Berpikirlah positif dan yakinlah bahwa Anda bisa menjalani hari dengan baik.

Resep tesebut pada awalnya mungkin akan terasa sulit, tapi akan terasa manfaatnya ketika mau mencobanya. Yang tak kalah penting adalah mengukur sejauh mana kepercayaan Anda pada diri sendiri. Untuk mengukur kepercayaan diri Anda, coba saja langsung !

Post a Comment for "Tips Meningkatkan Kepercayaan Diri Dalam Segala Kondisi"